5.3.10

Gempa Perpendek Hari di Bumi

Posted on 15:00 by lafa

Gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,8 skala Richter yang mengguncang Cile mungkin telah mengubah segenap rotasi Bumi dan memperpendek lamanya hari di planet ini.
Menurut ilmuwan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Richard Gross, gempa bumi terkuat ketujuh dalam sejarah itu telah memperpendek lamanya hari di Bumi sebanyak 1,26 milisekon.
”Barangkali yang lebih mengesankan adalah berapa banyak gempa itu menggeser poros bumi,” kata Gross, Selasa (2/3), seperti dikutip Space.com.
Model komputer yang digunakan Gross dan rekan-rekannya untuk menentukan pengaruh gempa Cile juga menemukan bahwa gempa telah menggeser kutub magnet Bumi sebanyak 8 sentimeter.
Kutub magnet bumi tidak sama dengan poros utara-selatan yang berputar setiap hari dengan kecepatan sekitar 1.604 kilometer per jam. Kutub magnet Bumi adalah poros di mana massa Bumi diseimbangkan. Letaknya menyimpang dari poros Bumi sekitar 10 meter.
Gempa bumi kuat telah mengubah lamanya hari dan poros Bumi pada masa lalu. Gempa di Sumatera berkekuatan 9,1 skala Richter pada 2004 telah memperpendek panjangnya hari di Bumi sebanyak 6,8 mikrosekon dan menggeser poros Bumi sebanyak 7 sentimeter.
Gross menuturkan, satu hari di Bumi lamanya sekitar 24 jam. Sepanjang tahun, panjangnya hari berubah secara bertahap sebanyak 1 milisekon. Jumlahnya meningkat saat musim dingin, di mana Bumi berotasi lebih lambat dan menurun saat musim panas.
Gempa di Cile jauh lebih kecil dibandingkan dengan gempa yang mengguncang Sumatera. Namun, dampaknya lebih besar karena lokasinya. Pusat gempa terletak di garis lintang tinggi Bumi dibandingkan dengan gempa Sumatera yang lokasinya lebih dekat garis khatulistiwa.
Patahan penyebab gempa Cile juga memiliki sudut lebih tajam dibandingkan dengan patahan Sumatera. ”Hal ini menyebabkan patahan Cile lebih efektif menggerakkan massa Bumi secara vertikal dan oleh karena itu lebih efektif menggeser poros Bumi,” kata Gross.
Dia menambahkan, temuannya itu didasarkan data awal yang tersedia. Dengan bertambahnya informasi tentang karakteristik gempa, prediksi dampak gempa Cile bisa berubah.




Jika anda suka dengan article ini maka jangan lupa share article ini ke kawan-kawan anda lainnya ya..... click saja tombol-tombol dibawah ini :


share on facebook






Terimakasih Banyak, kawan sudah berkunjung dan membaca artikel ini,Baca artikel lainnya juga ya

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Yaaahhh sepi, komenin artikel "Gempa Perpendek Hari di Bumi" donk!!!!

Leave A Reply

terimakasih kawan, telah membaca artikel ini dan bersedia mengomentarinya, apapun komentar kawan akan diterima.......