27.1.11

Abjad Bahasa Indonesia akan dikurangi 7 Huruf

Posted on 09:16 by PTC-center



LIPI (Lembaga Ilmu Penyederhanaan Indonesia) akan memformulakan aturan baru dlm penggunaan bahasa Indonesia.



Salah satunya adalah mengurangi jumlah abjad pd bahasa Indonesia.



Abjad yg digunakan saat ini berjumlah 26. Para pakar Komunikasi merasa Ke-26 abjad tsb masih terlalu banyak, lagipula ada beberapa abjad yg jarang digunakan.



Pertama, huruf X, diganti dg gabungan huruf K dan S. Kebetulan hampir tdk ada kata dlm bahasa Indonesia asli yg menggunakan huruf ini, kebanyakan merupakan serapan dri bahasa asing. Misal taxi mjd taksi, maximal mjd maksimal.



Selanjutnya, huruf Q diganti dg KW. Kata2 yg mengunakan huruf ini juga sangat sedikit sekali.



Huruf Z. Huruf Z diganti mjd C. Tdk ada alasan kuat tentang hal ini.



Huruf Y diganti dg I. Hal ini dilakukan sebab bunii huruf tersebut mirip dengan I.



Lalu huruf F dan V keduania diganti mjd P. Pada lepel ini masih blm terjadi perubahan iang signipikan.



Hurup W kemudian diganti menjadi hurup U.



Berarti sampai saat ini kita sudah mengeliminasi 7 hurup.



Hurup iang bisa kita eliminasi lagi adalah R, mengingat baniak orang iang kesulitan meniebutkan hurup tsb. R kita ganti dg L.



Selanjutnia,gabungan hulup KH diganti menjadi H.



Iang paling belpengaluh adalah hulup S iang diganti menjadi C.



Hulup G juga diganti menjadi K.



Dan hulup J juga diganti menjadi C.



Caia laca cudah cukup untuk hulup-hulup konconannia.

Cekalank kita kanti hulup pokalnia.

Cuma ada lima hulup pokal,A,I,U,E,O.

Kita akan eliminaci dua hulup pokal.



Hulup I mencadi dua hulup E iaitu EE. Cementala hulup U mencadee dua hulup O iaitoo OO.



Cadi,campe cekalank, keeta belhaceel menkulangee hooloop-hooloop keeta. Kalaoo keeta tooleeckan lagee, Hooloop-hooloop eeang telceeca adalah : A,B,C,D,E,H,K,L,M,N,O,P,T. Haneea ada 12 belac hooloop!! Looal beeaca bookan? Padahal cebeloomneea keeta pooneea 26 hooloop.

Eenee adalah penemooan eeang cankat penteenk dan cikneepeekan! Co,ceelahkan keeleemkan tooleecan anda denkan menkkoonakan dooa belac hooloop telceboot.

cuma Humor gan, jangan diambil hati




Jika anda suka dengan article ini maka jangan lupa share article ini ke kawan-kawan anda lainnya ya..... click saja tombol-tombol dibawah ini :


share on facebook






Terimakasih Banyak, kawan sudah berkunjung dan membaca artikel ini,Baca artikel lainnya juga ya

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Wow ada 3 Komentar di artikel "Abjad Bahasa Indonesia akan dikurangi 7 Huruf", terimakasih yah udah berkomentar, tambahin lagi dunk!!!!

Leave A Reply

terimakasih kawan, telah membaca artikel ini dan bersedia mengomentarinya, apapun komentar kawan akan diterima.......